SIAP BERSAING PADA ERA MEA LP3I SURABAYA GELAR CAREER COACHING

Date: 09 Agustus 2016 posted by Hopeon , , 0 Comments

Menghadapi persaingan dalam era MEA saat ini menjadi tantangan besar bagi pencari kerja. Para lulusan SMA/SMK yang berkeinginan untuk langsung terjun di dunia kerja harus mempersiapkan diri secara maksimal dalam merebut kesempatan kerja yang tersedia. Sebagai bentuk perhatian LP3I Surabaya menyelenggarakan Career Co aching pada Jum at, 29 Juli 2016 dan dihadiri oleh para pencari kerja.

Kegiatan berlangsung cukup baik dimana para peserta bukan hanya mendapatkan pengetahuan tentang dunia kerja tetapi bagaimana lolos seleksi kerja dengan cepat.disampaikan oleh Dito Adi Nugroho,S.Psi. sebagai pembicara Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi seharusnya memberikan kesadaran bagi para pencari kerja bahwa mereka harus meningkatkan skill baik hard skill maupun soft skill.

kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pencari kerja agar mengetahui apa dan bagaimana persiapan dalam meraih kesempatan kerja yang diinginkan ujar salah seorang peserta seminar. Kegiatan diakhiri dengan santap siang bersama dan pembagian voucher beasiswa pendidikan di LP3I Surabaya.

Seminar Cara Tepat dan Cepat Kerja

Date: 06 Juni 2016 posted by Hopeon , , 0 Comments

LP3I Surabaya-Profesional muda LP3I Surabaya kelas Public Realtions (PR) mengadakan event project management berupa seminar karir pada hari Kami, 2 Juni 2016 peserta yang hadir adalah siswa siswi lulusan SMA/SMK Surabaya. Seminar yang bertemakan Cara Tepat dan Cepat Kerja ini memberikan banyak manfaat bagi mereka yang akan terjun di dunia kerja. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dito Adi Nugroho, S.Psi ini adalah tentang kebutuhan dunia kerja saat ini,serta bagaimana cara membuat surat lamaran dan CV yang baik. dan juga tips lolos interview kerja.

Semua peserta sangat memperhatikan dan antusias dengan apa yang disampaikan. Selain menyimak materi, peserta pun mengikuti tes kreplin. Tes kreplin adalah tes yang berisi angka-angka ini biasa digunakan pada saat tes psikotes kerja. Ada kepuasan tersendiri dari 50 peserta ini, panitia memberikan beberapa souvenir berupa sticker dan buletin LP3I Surabaya. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan ataupun mengajukan pertanyaan, peserta juga mendapat dorprize. Dorprize yang diberikan berupa goodybag dan pin LP3I Surabaya . Yang lebih menariknya lagi, pihak LP3I memberikan free voucher diskon pendaftaran LP3I Surabaya 50% dan beasiswa I Juta Rupiah.

Acara yang dimulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB ini berjalan sangat lancar berkat kerja sama antara pihak Management LP3I Surabaya dan Profesional Muda jurusan Public Relations LP3I Surabaya . Pembawa acara dari jurusan Public Relations yang menerima mata kuliah public speaking ini memimpin acara dengan baik. Panitia memberikan pelayanan yang baik kepada para pesertanya, sehingga para peserta pun merasakan kenyamanan pada saat mengikuti seminar. (MS-PR).

Komitmen LP3I Cetak Lulusan Berkompeten di HUT ke-19

Date: 25 April 2016 posted by Hopeon , , 0 Comments

Surabaya- lembaga pendidikan dan pengembangan profesi Indonesia (LP3I) telah menggelar berbagai acara dalam rangka memperingati HUT ke -19 sepanjang 2 hari, 16-17 April di royal plaza.banyak acara yang di gelar untuk memacu kreativitas,serta rasa percaya diri lulusan LP3i untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang sudah berjalan.
Ketua panitia HUT LP3I Yudi Widsman Dharta membenarkan jika berbagai acara yang di gelar selama dua hari ini merupakan acara yang memacu kreativitas serta rasa percaya diri pada profesional muda LP3I.

Diharapkan kreativitas yang tinggi ini bisa mendorong lulusan LP3I ini bersaing dengan Lulusan lainnya. Di usia yang ke-19 ini, kami ingin mencetak profesional muda yang berkompeten dan profesional di bidang yang akan mereka tekunidi tempat mereka bekerja tuturnya kemarin (17/14)
Yudi mengatakan untuk menghadapi MEA, LP3I sudah sangat siap. Dimana LP3I mendorong Profesional Mudahnya untuk membuka usahanya sendiri. jadi kami tak hanya memfokuskan mencetak pegawai profesional, namun kami dapat menciptakan enterpreneur handal yang siap dengan ide ide kreatif mereka, Lanjutnya

   Adanya ide-ide kreatif dalam peringatan hari jadi yang ke-19 ini, LP3I mengundang alumni yang telah sukses dalam membuka usahanya. ini kami keluarkan untuk membuktikan dan mendorong profesional muda kami yang ingin ber wirausaha untuk lebih memacu kreativitasnya, ungkap pria yang menjabat sebagai koordinator program komputer di Lp3I

    Dengan semangat dan kreativitas tinggi dari alumni ini, membuat yudi Optimis professional Muda LP3I dapat bersaing di era Globalisasi MEA. saya yakin karena disini dipacu untuk membuat ide ide kreatifnya, jadi lulusan kami dapat berkarya di 800 relasi perusahaan maupun dunia wirausaha. tutur Yudi.

Acara ini terselenggara sukses atas dukungan dari nivea,MPM Distributor,BPRS Bakti makmur Indah,Natasha skin care walikota mustajab,Pelindo 3 tanjung perak,PT Sier,Cheers,hansaplast,jamu iboe,hosana garment,radar surabaya,hotel istana permata,purwacaraka,IWS,Lions Club dan heavy bucks style.

LP3I Roadshow Citizen Journalism di SMKN 1 Surabaya

Date: 25 April 2016 posted by Hopeon , , 0 Comments

SURABAYA-Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Surabaya menggelar rangkaian roadshow terakhir menyambut ulang tahun yang ke 19, kemarin (23/3). Yakni berupa pelatihan Citizen Journalism yang diikuti 150 siswa di aula SMKN 1 Surabaya.

Branch Manager LP3I Royke H Titaley, S.S., M.I.Kom mengatakan, menjelang ultah ke 19 ini yang jatuh pada 29 Maret, pihaknya mengadakan dua acara, yaitu lomba dan roadshow. Ada banyak perlombaan, seperti futsal dan badminton, business canvas competition serta modern dance competition "Untuk roadshow ini, kami selenggarakan karena kami sangat tertarik dengan adanya citizen reporter yang sekarang sedang populer di masyarakat," ujar Royke.

Pada era globalisasi seperti ini, menurut Royke, majunya teknologi berupa gadget, memungkinkan semua orang mengabarkan apa yang dilihatnya. Tidak hanya sekedar mengunggah foto saat melihat fenomena yang terjadi. Untuk itu, selaku praktisi di radio, ia merasa tergerak guna memberikan pembekalan materi tentang Citizen Journalism. "Dari pada hanya meng-upload photo dengan gadget. Kenapa mereka tidak sekalian dibekali dengan ilmu jurnalistik. Dari situ bisa para siswa bisa mengetahui mana yang layak jadi berita atau tidak," jelasnya sebelum memulai acara.

Selain SMKN 1, ada empat sekolah yang mendapat pembekalan tentang Citizen Journalism ini. Di antaranya, SMKN 4, SMA Kartika 43 SMA Hangtuah 1 dan SMAN 8 Surabaya. Royke menjelaskan tak menutup kemungkinan, jika roadshow ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. "Kami akan lihat dan evaluasi terlebih dahulu, sampai mana kesuksesan acara ini. Sebelumnya, sempat ada evaluadi internal. Beberapa teori telah diterapkan pada lomba instagram yang juga kami adakan dalam rangkaian ultah," paparnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Drs. Bahrun. ST. MM mengatakan bahwa rangkaian acara LP3I ini sangat bermanfaat bagi para siswa SMKN 1. Apalagi pemaparan materi dari parkatisi media, sehingga bisa berpadu menjadi kompetensi yang lengkap bagi para siswanya. Kerjasama seperti ini perlu dilanjutkan, terlebih di SMKN 1 Surabaya, terdapat jurusan broadcast."Ini menjadi hal yang bagus. Para siswa mengetahui cara menjadi reporter yang baik. Serta membuat alur cerita menarik," kata Bahrun.
Acara ini semakin menarik, ada juga Natasha Skin Care Jalan Wali Kota Mustajab menghadirkan dokter kecantikan. Para siswa diberi kesempatan untuk berkonsultasi bagaimana merawat diri dan berpenampilan yang menarik. (bae/no)

Wagub Jatim Minta Lembaga Pendidikan Siapkan SDM Berkualitas

Date: 1 Maret 2016 posted by Hopeon , , 4 Comments

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf Kami sebagai pemerintah provinsi Jatim meminta kepada seluruh lembaga pendidikan, baik formal maupun informal menyiapkan lulusan SDM yang berkualitas agar siap menghadapi keberlangsungan MEA.

Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meminta kepada seluruh lembaga pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, demi kelangsungan lembaga tersebut di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kami sebagai pemerintah provinsi Jatim meminta kepada seluruh lembaga pendidikan, baik formal maupun informal menyiapkan lulusan SDM yang berkualitas agar siap menghadapi keberlangsungan MEA," katanya seusai menghadiri wisuda Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) di Surabaya, Sabtu.

Ia mengatakan lembaga yang dibutuhkan masyarakat itu yang mampu mencetak orang supaya bisa memiliki ketrampilan yang kompeten. Dalam mencetak para profesionalisme berkualitas juga harus sesuai standar Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

"Untuk menghadapi MEA syaratnya pendidikan harus sesuai dengan standar kompetensi profesi. Jika pemuda terus dibina dengan baik dan benar, maka generasi Indonesia dinilai mampu bersaing dengan negara luar untuk menghadapi pasar global," tutur Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Sementara Brand Manager LP3I Surabaya, Royke Hermawan Titaley menyatakan bahwa lulusan LP3I sudah dibekali empat kompetensi, sebagai langkah menjaga kualitas SDM yang nantinya akan bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Menurut dia, empat kompetensi itu adalah kompetensi komputer, Test of English for International Communication (TOEIC) dan dua kompetensi sesuai dengan program studi yang diambil para profesional muda, seperti teknik informatika, business management, komputer akuntansi, sekretaris, office management dan lainnya.

"Dari 152 profesional muda yang diwisuda sekitar 87,10 persen sudah bekerja, 9 persen memilih jadi wirausahawan dan sisanya masih magang di perusahaan. Keberhasilan kami dalam membina para profesional muda ini sebagai langkah mendukung pemerintah dalam menghadapi tantangan MEA," paparnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika pihaknya menjamin lulusan profesional LP3I akan diberi gaji di atas UMK (Uang Minimum Kabupaten) atau 25 persen dari UMK, karena menawarkan profesionalisme sesuai dengan kompetensinya.

"Kami tidak asal-asalan dan kami menjamin bahwa lulusan kami memang layak mendapatkan gaji di atas UMK, karena sebelumnya telah dibekali empat kompetensi sesuai LSP di bidangnya," tandasnya. (*)

Editor: Tunggul Susilo
Sumber : ANTARA 2016

LP3I Surabaya Gelar business canvas competition

Date: 2 Maret 2016 posted by Hopeon , , 4 Comments

Sebanyak 96 peserta business canvas competition tergabung dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh rumah entrepreneur LP3I Surabaya. Terpilih 10 finalis dengan tema terbaik dan konsep bisnis yang menarik dan masuk ke babak final pada 9 mei 2015 bertempat di lobby ballroom grand city mall surabya.

Kegiatan yang berlangsung meriah karena bersamaan dengan pameran Majapahit Travel Fair 2015. Bertindak sebagai juri Ellies Sutrisna (CEO Excellent Group, BEST (Bookwriter, Entrepreneur, Speaker, Trainer), Jakarta, Windy Rachmawati, S.T. (Cakedecoration, Trainer and owner Cake Studio Indonesia, Entrepreneurship Lecture, Business Plan Lecture) dan Kurniawan (Hypnotherapist, Trainer and Mind Conductor, Business Proposal Lecture). Acara dimeriahkan juga dengan seminar motivasi menjadi wirausaha muda yang suskes dan pembagian buku ellies sutrisna Strive for Excellent, kemudian dilanjutkan dengan demo cake preneur yaitu menghias cup cake yang menarik agar menarik untuk dijual.

diakhir acara diumumkan 3 pemenang terbaik yang diraih oleh Ana Maulida dengan konsep bisnis Paikaspe, juara 2 diraih oleh Muhammad Abu Ubaidah dengan konsep bisnis Pentoel O enyil dan juara 3 diraih oleh Susi Arimiatik Febriyani dengan konsep bisnis Thamarin Island Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai persembahan One Heart Card HONDA, paket buku ellies Sutrisna dan souvenir menarik lainya.disampaikan oleh Mujidin,SE. kegiatan ini merupakan yang pertama diselenggarakan oleh Rumah Entrepreneur LP3I Surabaya dimana harapan kami dari kegiatan ini akan muncul bibit-bibit baru dalam bidang wirausaha dan akan menjadi kegiatan rutin tahunan,selamat kepaa para professional muda yang meraih juara dan terima kasih kepada pihak sponsor yang telah mensupport acara ini hingga berjalan dengan baik

Seminar menghadapi MEA 2015, Meriahkan Majapahit Travel Fair

Date: 4 Maret 2016 posted by Hopeon , , 4 Comments

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai pada akhir 2015 ini menjadi sebuah perhatian besar bagi pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan diri memasuki MEA 2015.

salah satunya adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan siap bersaing. Partisipasi aktif LP3I Surabaya dalam mempersiapkan hal tersebut adalah dengan mengadakan seminar yang berisi materi persiapan diri menghadapi persaingan global, kegiatan diadakan bertepatan dengan pameran Majapahit Travel Fair 2015 di grand city Mall Surabaya pada 10 Mei 2015. Seminar dihadiri oleh pengunjung pameran majapahit travel fair 2015 dan siswa SMA/SMK undangan, materi yang disampaikan oleh Dito Adi Nugroho S.Psi.

selaku Head of Coorporate & Placement LP3I Surabaya berisi tentang persiapan meningkatkan soft skill dan Hard Skill agar mampu bersaing dalam pasar global 2015. Dalam menghadapi era MEA 2015 maka sangat perlu dipersiapkan kemampuan diri dan skill yang baik agar kita dapat bersaing dalam pasar bebas 2015, yang dapat dimulai dari peningkatan kemampuan hard skill dan soft skill dismpaikam oleh Dito Adi Nugroho.S.Psi. .

Rayakan Hari Ibu, LP3i Kunjungi Pantiwerdha

Date: 26 Des posted by Hopeon , , 4 Comments

SURABAYA-Untuk merayakan Hari Ibu, profesional muda LP3i (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia) mengunjungi Panti Werdha Hargo Dedali di Jalan ManyarKartika IX/22-24 Surabaya. Kegiatan itu dilaksanakan pada Selasa (22/12) mulai pukul 15.00.
Bakti sosial bertema,Mothers My Spiritini di-support oleh UKM yang terdiri dari LP3i Accounting Club (LAC), LP3i Computer Club (LCC), Student English Association of LP3i (SEAL), dan Sportainment.
Mereka mengumpulkan bantuan dari para donatur di LP3i. Dana yang terkumpul itu diserahkan secara simbolis oleh panitia bersama UKM ke pengurus panti werdha.
Kegiatan di Panti Werdha Hargo Dedali, kemarin berlangsung ceria, yang diisi oleh profesional muda LP3i dan ibu-ibu penghuni panti.
Kegiatan ini merupakan bentuk ungkapan kasih sayang terhadap para ibu di seluruh dunia. Kegiatan bertema Mothers Day Spiritini dilaksanakan guna melatih kepedulian dan rasa kasih sayang terhadap sesama, ujar Novita, ketua pelaksana.
Ibu-ibu penghuni panti werdha pun menyambut gembira kedatangan para profesional muda LP3i.
Saya senang dengan kegiatan seperti ini karena merupakan kebahagiaan tersendiri,ujar seorang ibu penghuni .

Bangun hubungan baik dengan relasi perusahaan pada company gathering 2015

Date: 09 Juni posted by Hopeon , , 4 Comments

Sebanyak 20 relasi perusahaan LP3I Surabaya mengahdiri kegiatan Company Gathering 2015 pada Jum at, 29 Mei 2015 kegiatan yang diadakan pukul 13.00 WIB dibuka dengan makan siang bersama dan ramah tamah antara LP3I Surabaya dengan perusahaan yang selama ini telah setia menjadi mitra penempatan kerja LP3I Surabaya. Kegiatan yang bertema LP3I For Better Future ini diisi dengan sesi diskusi dimana LP3I Surabaya menggali informasi dari perwakilan perusahaan yang hadir mengenai kebutuhan dunia kerja saat ini dan kualifikasi SDM yang dibutuhkan oleh kebanyakan perusahaan sesuai dengan masing-masing bidang, dan dari hasil diskusi tersebut disimpulkan bahwa saat ini dunia kerja membutuhkan SDM yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dan bermental kuat karena saat ini banyak SDM yang secara soft skill masih kurang. Ini merupakan PR bagi LP3I Surabaya untuk dapatmencetak lulusan yang sesuai dengan harapan perusahaan yang selama ini seduah menjadi relasi kami dan berusaha untuk terus mencetak lulusan yang mampu bersaing didunia kerja disampaikan oleh Dito Adi Nugroho,S.Psi head Of Coorporate & Placement LP3I Surabaya

Asah kreativitas profesional muda lp3i adakan speech contest stand up commedy competition

Date: 09 Juni posted by Hopeon , , 4 Comments

Dalam rangka menyambut HUT LP3I Surabaya yang ke 18 Tahun diadakan beberapa kegiatan diantaranya adalah Speech Contest & Stand up Commedy Competition yang diadakan di Alfamart Diponegoro Jl. Diponegoro No.86 pada 26 maret 2015 yang lalu. Lomba diikuti oleh 23 peserta yang datang dari perwakilan professional muda LP3I Surabaya. Para peserta menampilkan kemampuanya dalam berbahasa asing dan public speaking baik dalam bentuk speech contest bahasa inggris atau stand up commedy. Acara ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh LP3I Surabaya dan merupakan acara favorit para professional muda.